Home » » Resep Pancake Durian

Resep Pancake Durian

Resep pancake durian ini awalnya berasal dari orang Yunani kuno. Awalnya makanan kecil dibuat dari tepung terigu, madu, minyak zaitun, dan juga susu kental yang disajikan oleh orang zaman dahulu sebagai menu sarapan pagi mereka.
Pancake sendiri mulai ada di Inggris sekitar tahun 1400-an. Di tiap negara, pancake memiliki varian rasa dan juga bentuk. Begitu juga dengan di Indonesia. Di Indonesia sendiri pancake memiliki banyak jenisnya yang digemari oleh masyrakat Indonesia. Misalnya pancake pisang, pancake coklat, pancake keju, dan ada pula pancake durian.

Cara Membuat Pancake Durian

resep-pancake-durian
Yang membedakan adalah isinya. Nah, kali ini yang akan dibahas adalah cara membuat pancake durian.
Bahan resep pancake durian:
- 250 gr tepung terigu yang sudah diayak
- 550 ml santan kentarl dari 1 kelapa parut
- 250 ml krim kental, kocok sampai kaku
- 2 butir telur
- 600 gr daging buah durian yang sudah dilumatkan
- ¼ sdt pasta pandan
- ¾ sdt garam
- margarin secukupnya
Cara membuat:
1. Campurkan tepung terigu dan garam dalam satu wadah dan aduk sampai semuanya rata. Lalu masukkan telur ayam satu per satu sambil terus diaduk sampai rata.
2. Lalu tuang santan perlahan-lahan dan sambil diaduk sampai adonan tidak menggumpal. Masukkan pasta pandan. Aduk lagi hingga adonan rata.
3. Selanjutnya panas wajan anti lengket untuk memasak adonan menjadi seperti kulit lumpia. Kira-kira diameter wajan datar anti lengket 24 cm. Panasi di atas api yang kecil. Lalu olesi sedikit margarin di seluruh permukaan.
4. Ambil kira-kira 50 ml adonan dan tuang ke atas wajan yang sudah panas. Ratakan sampai adonan menjadi dadar tipis. Masak selama 2 menit dan sampai adonan habis.
5. Lalu ambil satu lembar dadar, letakkan krim kocok 1 sendok makan saja di tengah pancake. Ratakan. Dan tambahkan lagi daging buah durian 2 sendok makan atau secukupnya di atas krim kocok.
6. Setelah itu lipat dadar seperti melipat amplop. Lalu rapatkan. Dan simpan di lemari es sampai pancake agat padat. Lalu sajikan
Saat mencetak adonan menjadi dadar tipis dan mengangkatnya serta melipatnya mungkin agak susah. Dan tidak jarang pula sering kali dadar robek. Sehingga harus hati-hati saat melakukannya. Untuk kulitnya mungkin tidak terasa. Namun jika ingin kulitnya lebih terasa, anda bisa mengganti susu cair dengan santan supaya rasanya gurih. Demikian resep pancake durian yang enak dan gurih. Selamat mencoba.

sumber: http://dapurresep.com/resep-pancake-durian-yang-mudah/

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. OEMAH DUREN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger